Suatu pagi, kalian kebangun dengan segar dan siap berangkat ke sekolah. ☀️ Burung-burung berkicau dan semua kegiatan seru bareng temen di sekolah udah ada di bayangan kalian.
Tapi, semua berubah saat sampe kelas dan temen kalian nanya…
”Udah ngerjain PR belum?”
Jeng jeng. 🫨
Suasana langsung berubah pas tau kalian lupa ngerjain tugas. 😰
Jalan tengah yang bisa dilakuin, tentu aja… nyontek ke temen.
Ya, kejadian kayak gini emang jangan dicontoh. Walaupun mungkin, suka jadi cara buat mereka yang kebiasaan enggak baca grup kelas. 😤
Tapi mungkin, beda lagi sama kecurangan di zaman sekarang. Karena bukan cuma nyontek ke temen, saat ini pelajar tentunya juga bisa … nyontek ke robot! 🤖 Ya, karena lewat aplikasi chat bot kayak ChatGPT, sekarang pelajar bisa ngambil jalan pintas ngerjain PR dengan bikin perintah semudah:
- Bantu aku buat puisi tentang Hari Ibu 🤰
- Tolong selesain soal 4x−7(2−x) = 3 x + 2 🧮
- Bikinin aku esai tentang Sumpah Pemuda dalam 500 kata pakai bahasa Indonesia 🇮🇩
Kadang, kalian bilang “terima kasih” biar sopan dan kalau nanti ada kebangkitan AI, kalian aman. 😮💨
Dalam sekejap, semua jawaban langsung tersedia dan kita tinggal salin doang. 😕
Fenomena ini jadi munculin pertanyaan: kalo semua kemudahan dari AI bisa bikin pelajar ngambil jalan pintas, apakah AI akan mengubah cara kita belajar? Atau malah… menghancurkan daya kritis dan bikin kita semua malas? 💤
Kecerdasan buatan: ancaman nyata dunia pembelajaran?
Jadii, ada satu kabar baik dan satu kabar buruk soal AI di dunia pendidikan. Mau denger yang mana dulu? 🧐
Oke, biar ujungnya happy ending, kita mulai dari yang buruk dulu. 😬
Jadi singkatnya, AI emang udah terbukti bikin gara-gara di dunia pendidikan. Dan semuanya berhubungan sama gimana para pelajar gunain AI di kegiatan persekolahan dan perkuliahan.
Ada yang gunain buat minta bantuan ngejelasin konsep yang ngejelimet, ada yang make buat bikin gambar yang dijadiin referensi, tapi tentunya, ada juga yang … make buat nyontek.
Karena bener aja, beberapa waktu lalu, sekitar 300+ pelajar di Inggris ketahuan ngumpulin tugas esai yang dijiplak dari ChatGPT. Malah, banyak dari mereka itu mahasiswa dari kampus-kampus top di sana. 😧
Dan ini tuh baru yang ketahuan di satu negara. Kemungkinan besar, jumlah pelajar yang nyontek bisa lebih gede lagi. 🥶
Ya, perasaan males mungkin jadi salah satu alesan kenapa mereka ngandelin ChatGPT buat ngerjain PR. 🦥
Ini sejalan sama apa yang ditemuin para peneliti — pada sebuah riset di Cina dan Pakistan, beberapa saintis dari berbagai negara nemuin kalo dari 285 pelajar di sana, hampir 69% dari mereka jadi makin males karena kehadiran AI. 😴
Dan bukan cuma itu aja, dengan makin gampangnya nyontek dari AI, ada kemungkinan kemampuan pelajar jadi lebih rendah. Sejak munculnya internet aja, peningkatan performa belajar para siswa berkat adanya PR nurun dari 86% jadi cuma 45%.
Salah satu alasannya mungkin karena para pelajar ini bisa nyalin jawaban dari internet dengan mudah daripada mikir sendiri. Daaan ini baru di zaman nge-search jawaban di Google, gimana sekarang pas udah ada ChatGPT dkk.? 🧐
Gara-gara si AI ini juga, gak kaget kalo ada beberapa negara kayak 🇫🇷 Prancis, 🏴 Inggris sampe 🇺🇸 Amerika Serikat yang jadi ngelarang ngegunain ChatGPT dalam proses belajar mengajar.
Padahal di sisi lain, dunia lagi heboh-hebohnya ngegunain dan nyelipin AI di segala lini kehidupan. Investasi di dunia AI ini aja bahkan diperkirain nyampe 3,9 T rupiah dari tahun 2021—2025!
Uang segitu cukup buat bayarin iuran BPJS untuk 6 juta warga Indonesia selama setahun! Gila banget! 💰
Jadiii, sampe sini, apakah kalian jadi ngira AI kebanyakan ngebawa yang jelek-jelek ke para pelajar? Atau justru sebenernya…
AI bisa jadi penyelamat belajar?
Oke, meskipun AI bikin pelajar jadi gampang nyontek, tapi nyatanya teknologi ini juga bisa ngebantu kita dalam belajar. Bikin belajar jadi lebih mudah! 🎒
Cerita gimana mereka ngebantuin kita bahkan udah dimulai dari zaman dulu. Bahkan, sejak tahun 1960-an lalu, pas penelitian seputar 🧬 DNA, ☢️ fisika nuklir, sampe soal 🚀 perjalanan luar angkasa mulai dikembangin.
Oke oke, sebelum lanjut, kita harus sepakat dulu soal… sebenernya AI tuh apaan, sih? 🤔
Jadi simpelnya, AI adalah cabang dari ilmu komputer yang bisa ngelakuin tugas yang butuhin kemampuan berpikirnya manusia. 🖥️ Mereka ngolah data melalui langkah-langkah tertentu — nama kerennya, algoritma — dan mempelajari pola, dan akhirnya ngambil keputusan.
Contohnya kayak AI di zaman-zaman awal pengembangannya. Pas tahun 60-an, AI muncul dalem bentuk program yang bisa tahu apakah suatu gambar ngandung gambar 🐱 anabul atau 🐶 doggo.
Caranya dengan ngelatih program tersebut dengan gambar-gambar kucing dan anjing sampe si Program ngerti.
Atauuu ada juga program lain bernama Merlin. Dia ini awalnya dikembangin buat jadi tutor para mahasiswa buat mahamin kecerdasan buatan. Ya, AI yang ngajarin AI, ke manusia. 😧 Gila banget!
Walaupun program ini enggak sampai berhasil dibuat karena satu dan lain hal, Merlin diakui sebagai program yang ngebuka jalan lebar soal ide-ide penggunaan AI di dunia pendidikan: buat ngajarin manusia. 🚶🏻♀️🚶🏻♂️
Ayo fast forward ke masa sekarang. ⏩
AI bisa makin banyak bantuin kerjaan manusia yang macem-macem. Termasuk, buat para guru! 🧑🏫 Contohnya kayak aplikasi Gradescope dan E-rater yang manfaatin kecerdasan buatan buat ngebantuin para guru ngenilai tugas-tugas muridnya. 💯
Dua aplikasi itu bisa ngasih nilai ke para pelajar dengan ngamatin pemilihan kata yang digunain murid, struktur kalimat, referensi yang digunain, dan sebagainya. Canggih banget ya. 😮
Ada juga kecerdasan buatan di aplikasi belajar bahasa yang logonya si Burung Hijau ini: Duolingo. 🦜 Perusahaan edtech ini udah lama juga gunain AI dalam proses pembuatan materi dan arah pembelajaran buat para penggunanya.
Bahkan, mereka sampe namain “otak” di balik aplikasi mereka itu dengan nama Birdbrain yang bisa ngasihin soal yang sesuai sama kemampuan setiap penggunanya. 😆 Gimana, ada yang suka main Duolingo juga di sini?
Daaan bukan cuma bisa bantu ngecek tugas dan ngasih panduan belajar, ada juga aplikasi yang bisa bantuin ibu guru ngecekin tugas hasil contekan kayak Copyleaks, chatbot Learnwise buat ngebantu para pelajar yang butuh nanya-nanya seputar cara masuk suatu kampus, sampe aplikasi AI kayak Sembly yang bisa bantu nulisin apa yang dibicarain bapak dosen di kelas. Super duper ngebantu. ✅
Bahkan, walaupun kita juga belom tau apakah AI bisa bikin pelajar makin pinter apa engga, nyatanya udah banyak pelajar yang bilang kalo kecerdasan buatan kayak ChatGPT udah ngebantu banget dalam proses belajar mereka. 📝
Dalam sebuah survei ke 1.000+ guru dan pelajar di AS nunjukkin, hampir setengah guru dan sepertiga murid di survei itu udah manfaatin kecerdasan buatan. 😮 Daaan kerennya, 88% guru dan 79% dari murid tersebut ngerasa kebantu. 😃
Terus, ada juga penelitian buat beberapa mahasiswa S1 di Turki yang nunjukin kalo ChatGPT bisa super ngebantu mereka dalam proses belajar ngoding. 🖥️
Katanya, AI bisa ⚡️ ngerespon pertanyaan mereka dengan efektif dan cepet, 🔆 aktif 24/7, ⏳ nyegah waktu yang kebuang pas nyari-nyari jawaban di internet, sampe bisa 😎 ningkatin kepercayaan diri mereka di pelajaran programming.
Bukan cuma itu aja, mungkin kecerdasan buatan juga bisa jadi batu loncatan buat para peneliti ngatasin suatu tantangan besar di dunia pendidikan. Tantangan apa itu?
Tantangan tersebut bernama Two Sigma Problem. Singkatnya, konsep ini pertama kali diajuin sama seorang peneliti pendidikan asal Amerika Serikat bernama Benjamin S. Bloom.
Dan karena namanya ‘problem’, tentu konsep yang diajuin sama om Benjamin ini dateng karena suatu masalah—yang sampe sekarang belom bisa dipecahin.
Jadi, ceritanya bermula ketika ada dua peneliti yang ngamatin tiga kelompok murid yang belajar di tiga kondisi yang beda:
1️⃣ Kelompok pertama — kelas biasa
Berisi 30 pelajar yang diajarin sama satu orang guru. Dalam satu waktu tertentu, guru juga akan ngasih tes ke para muridnya.
2️⃣ Kelompok kedua — kelas Mastery LearningKelas yang isinya pelajar dan guru yang jumlahnya sama kayak di kelompok pertama. Cuma bedanya, selain ada tes ke murid-muridnya, para pelajar juga bakal dapetin feedback dan penjelasan lebih lanjut dari materi yang pelajarnya belom pahamin.
3️⃣ Kelompok ketiga — tutorDaan di kelompok terakhir, ada satu (sampai maksimal tiga) murid yang langsung dapetin tutor. Ya, alias kayak guru privat. Aktivitas yang dilakuin di kelompok tiga juga sama kayak yang ada di kelompok dua.
Nah, asal muasal konsep Two Sigma Problem ini adalah, dari ketiga kelompok pelajar yang dites, polanya nunjukkin kalo murid yang belajar langsung dengan satu tutor khusus akan punya performa belajar yang dua kali lipat (atau dalam penelitian itu, disebut sebagai 2 sigma) lebih tinggi dibangin sama mereka yang belajar di kelas biasa.
Mungkin ini mirip kayak 🏴☠️ bajak laut kesayangan kita, Luffy, yang jadi lebih jago setelah fokus belajar privat sama 👨🏫 mentornya, Silvers Rayleigh, dibandingin puluhan bajak laut lain yang cuma ngekor sama satu kapten bajak laut~
Oke, terus, apa masalahnya? Bukannya gampang tinggal kita tiru aja, tiap satu pelajar punya satu tutor khusus? Biar kita semua pinter dan jago kayak Luffy yang belajar khusus sama sang tangan kanan (almarhum) raja bajak laut? 🏴☠️
Mungkin idealnya emang bener kayak begitu. Tapi, coba dipikirin: kalo satu pelajar di seluruh Indonesia, misal baru yang SMP dulu, butuhin satu tutor, berarti kita akan butuhin ±10 juta guru khusus untuk mereka. ❗
…dan ini baru SMP, belum SD dan SMA—bahkan, seluruh pelajar di dunia! 🥴
Akan butuh berapa banyak guru, tenaga, dan uang yang harus dihamburin? 😵💫
Daaan inilah isu utama dari Two Sigma Problem; kita tau caranya buat ningkatin performa pelajar, tapi kita enggak bisa nerapin cara belajar tutoring ini ke seluruh pelajar di dunia.
Om Bloom dan para muridnya pun juga udah nyoba neliti pake metode-metode lain buat nyari tau, ada enggak sih cara buat ningkatin performa pelajar tanpa harus make metode tutoring?
Dan dari berbagai metode yang dipelajarin, dari ngasih PR, ningkatin skil baca para pelajar, sampe ngeganti kurikulum baru pun singkatnya … masih enggak ada yang lebih bagus dari performa pelajar yang punya satu tutor khusus. 👩🏫
Keliatannya emang jalan buntu. Tapi coba kita berandai-andai: karena AI udah ada di mana-mana, kira-kira, apakah mungkin AI bisa jadi guru privat yang ngajarin para murid di mana aja dan jadi solusi dari Two Sigma Problem?
‘Robot’ jadi guru privat?
Ide AI jadi tutor privat ternyata udah dipikirin para ilmuwan dan pengembang pendidikan. Dan mungkin … bisa jadi solusi buat masalahnya Om Bloom. Karena bayangin, kalau misal kita nemu soal dan enggak tau jawabannya, daripada musti nyari-nyari dulu di buku atau nanya ke temen buat tau jawabannya, kita bisa tinggal tanya langsung ke AI!
Dan walaupun idenya kedengeran keren, nyatanya inovasi ini udah ada dari lama. Semisal aplikasi belajar buatan kampus Georgia Institute of Technology bernama Jill Watson, yang udah ngebantu para pelajar hampir selama satu dekade.
Ya, kedengerannya kayak nama orang, tapi sebenernya dia ini adalah chatbot AI yang bisa ngejawabin pertanyaan pelajar soal rencana pembelajaran, bahkan sampe ngenalin penggunanya ke pengguna lain. Hmm, udah kayak mak comblang gitu ya. 🧐
Bukan cuma Jill, aplikasi bahasa Duolingo pun juga lagi ngembangin fitur tutor bertenaga AI-nya yang diberi nama DuolingoMAX. Mirip-mirip nama motor atau HP boba ya. 🙃
Oke, kalo kalian belom pernah make aplikasi ini, simpelnya, Duolingo itu aplikasi yang bantuin kita buat belajar bahasa asing, mulai dari melajarin tata bahasanya — alias grammar-nya — sampe ngehapalin kosa kata baru. 🌏
Tapi enggak jarang, penggunanya suka ngerasa bingung pas dihadapin sama grammar yang bingungin atau kata yang kedengeran mirip tapi beda arti. Nah, fitur DuolingoMAX ini yang nantinya bakal ngejelasin konteks dari soal yang enggak kita ngerti… secara real time! ⌚
Selain itu, DuolingoMAX juga nyediain fitur yang bikin para penggunanya bisa ngobrol sambil latihan nerapin bahasa asing yang baru mereka pelajarin bersama sang tutor AI-nya. Jadi, enggak cuma mahamin, tapi juga belajar praktekin bahasanya dalam percakapan—yang kayak sama orang beneran.
Daaan di antara tutor-tutor AI ini, ada juga tutor AI keluaran terbaru dari situs belajar gratis Khan Academy bernama Khanmigo.
Ya, sama kayak dua aplikasi di atas, Khanmigo nyediain tutor AI yang siap 24/7 buat ditanyain apa pun yang enggak kita ngerti dari suatu soal. Dan bukan cuma ngejelasin dengan perlahan dan siap ngasih tau sampe kita bener-bener ngerti, tutor Khanmigo juga ngasihin kalimat penyemangat biar belajar kerasa nggak kayak diajarin sama robot—walaupun padahal iya. 😅
Bukan cuma itu, ada juga fitur-fitur lain di Khanmigo yang intinya AI bukan ngasihin jawaban buat langsung kita contek, tapi nuntun dan ngarahin siswa biar ikutan mikir. 🤔
Misalnya kayak fitur buat bikin cerita bareng ini, yang ngajak siswa masukin ide ceritanya dulu, terus gantian sama si AI, balik ke siswa, dan terus bergantian.
Malah kerennya lagi, ada fitur di mana AI seakan-akan berubah jadi tokoh-tokoh terkenal yang bisa kita tanya-tanya. 😆 Ya, dengan ada fitur ini, kita jadi bisa seakan-akan ngobrol sama tokoh kayak presiden pertama AS George Washington, ratu Kleopatra, sampe ke dewa Zeus. 😧
Daaan selain buat murid, Khanmigo juga bisa digunain guru buat diskusi dan bikin rencana pembelajaran buat di kelas.
Ya, kedengerannya keren-keren dan super ngemudahin siswa buat belajar. Tapi beda sama ChatGPT atau Bard yang langsung ngasihin jawaban, fitur-fitur tutor AI dari aplikasi-aplikasi ini dateng buat mancing diskusi dengan para muridnya biar mereka bisa tetep berpikir kritis dan bukan mau nerima jawaban aja. 🤔
Jadi mungkin, tutor AI ini bisa ngilangin kekhawatiran penerapan AI dalam dunia pendidikan yang tadi diceritain: nyontek. 👀
Daaan malah, bisa aja fitur-fitur tutor AI inilah yang bakal jadi solusi buat nyelesain masalah Two Sigma Problem yang udah lama jadi momok di dunia pendidikan. 💫
Gimana menurut kalian, mungkinkah AI bawa revolusi di dunia pendidikan? Atau, belum tentu juga?
Awas ada AI!
Ya, tentu aja, masih ada banyak catetan buat kita bisa bener-bener percaya belajar sama tutor AI. Apa lagi soal etika yang perlu dijaga biar AI bisa bener-bener ngebantu siswa belajar dan bukan malah ngerugiin mereka.
Bukan bukan, ini bukan soal gimana AI jadi sopan dan pake permisi pas lagi ngajarin kita. 😅 Tapi ini soal gimana kecerdasan buatan bisa kita jaga buat nggak ngelewatin batas.
Kalo kata report dari Institute of Ethical AI in Education (IEAIEd), ada tujuh aspek yang perlu kita sama-sama perhatiin buat ngurangin kemungkinan terburuk pas AI masuk ke ruang kelas.
Misal, AI masih—dan kayaknya, akan terus butuh—penjagaan dari manusia. 👩✈️ Ya, buat mastiin ketepatan konten yang diajarin bener dan ngaur, enggak ada kendala teknis di aplikasinya, sampe ke mastiin kalo aplikasi AI ini enggak di-hack sama pihak yang enggak jelas.
Terus persoalan bias dan representasi pengguna juga jadi bagian yang perlu diperhatiin. Gimana maksudnya? Jadi, walaupun AI keliatannya netral dan gak mandang siapa yang diajarin, nyatanya mereka masih rawan buat … salah ngenilai orang. ❌
Contohnya kayak kasus yang kejadian di sistem penerimaan mahasiswa baru di suatu sekolah medis di 🇬🇧 Britania Raya tahun tahun 1988. Di situ, program komputer yang dipake buat nyeleksi mahasiswa buat maju ke tahap interview ketauan bias sama pendaftar perempuan dan yang bukan orang Eropa. 😒
Ya, emang kasusnya udah lama dan teknologi zaman sekarang udah lebih canggih. Tapi tetep aja, kasus ini bisa jadi contoh gimana bahayanya kalo komputer ikut-ikutan rasis dan bikin orang lain hidupnya jadi lebih susah.
Belom lagi soal privasi data yang wajib dijaga bener-bener biar enggak disalahgunain—kayak yang sering kejadian di, ehem, 😒 negara Wakanda…
Terus, guru dan siswa harus bener-bener ngerti soal fitur-fitur yang disediain AI, biar nggak salah paham pas gunain aplikasinya; sampe ke dampak lingkungan yang wajib jadi perhatian biar enggak ada pihak yang ikutan dibikin rugi.
Karena bayangin aja, proses yang dibutuhin buat ngelatih suatu program AI bisa ngehasilin emisi karbon sampe setara 280+ ton karbon dioksida!
Ya, emang susah sih jagain semuanya enggak kena efek domino dari teknologi belajar yang makin maju ini. 😬
Belom lagi potensi masalah yang disebabin juga bisa beda-beda tergantung di mana AI ini diterapin; apa cuma jadi asisten yang bantu-bantu benerin 🗣️ grammar, atau sampe 👩🏫 tutor yang ngajarin banyak hal?
Kalo cuma bikin kita jadi salah paham soal grammar mungkin masih bisa diwajarin, tapi kalo sampe salah konsep gara-gara tutornya salah jelasin? 🚫
Cuma, dengan kita sadar sama potensi masalah yang mungkin muncul, kita — terutama pemerintah dan pihak sekolah! — seharusnya jadi lebih siap bikin rencana buat ngatasin tantangan AI di dunia pendidikan ini. 🖖🏻
Terutama buat merhatiin para pelajar yang masih kesulitan buat punya fasilitas belajar kayak 🧑💻 laptop, atau malah, sampe mereka yang masih gak bisa dapetin akses 🛜 internet, biar enggak makin ketinggalan proses belajarnya dari mereka yang gampang akses fitur-fitur AI di internet. 🌐
Karena buat contoh aja, dari suatu survei, 88% penduduk di daerah 3T di Indonesia masih enggak bisa dapetin sinyal telepon. 📲
Pas waktu pandemi aja, ketauan kalo masih ada 18% pelajar Indonesia yang masih enggak punya laptop sama sekali. Kebayang gak kalo udah zaman kecerdasan buatan dan mereka-mereka ini bahkan masih belum bisa akses AI? 😕
Oke, itu dia sedikit gambaran dari apa yang lagi kejadian di dunia pendidikan dan kecerdasan buatan. Jadi, gimana menurut kalian: apakah AI ini lebih banyak ngebantu pelajar, atau malah kebalikannya? Mungkin jawabannya … bisa jadi keduanya.
Terus kita mesti gimana?
Buat jadi bahan refleksi, sebenernya, fenomena AI ini bukan gangguan (atau bahasa kerennya, disrupsi) teknologi pertama ke dalem kelas. 🧑🏻💻
Karena di masa lalu, kita juga pernah ngalamin kasus di mana satu teknologi sempet ditolak tapi ujung-ujungnya malah ngebantu siswa. 🤨
Ya, kayak … kalkulator! 🔢 Pas tahun 70-an, kalkulator baru mulai dikenalin kegunaannya ke dalem kelas.
Walaupun kita sekarang tau kalkulator super ngebantu buat ngelakuin itung-itungan yang ribet, tapi di zaman itu, guru dan orang tua murid malah ngeliat teknologi ini sebagai ancaman karena ngira bisa bikin pelajar jadi ketergantungan. 🧐
Tapiii sekarang bisa kita liat, kalo kita udah lama ngegunain kalkulator di sekolah dan enggak ada kejadian apa-apa. Malah, bisa ngebantu banyak pedagang sampe ibu rumah tangga pas ngitung pengeluaran bulanan. 😅
Ya, tentu kegunaan kalkulator sama AI beda jauh.
Tapi dengan ngeliat kejadian di masa lalu tadi, mungkin bukan soal seberapa mengerikan ancaman dari AI, machine learning, atau teknologi bernama keren lainnya yang bakal ‘gangguin’ kita belajar, tapi soal gimana kita memaknai proses belajar itu sendiri. 😇
Coba kita pikir-pikir lagi, apa sih tujuan sebenernya dari belajar? 💬 Mungkin kita nganggap kalo belajar itu proses biar kita nerima informasi sebanyak mungkin biar gampang ngerjain tugas, dapet nilai bagus dan akhirnya dapet kerja. 👨🏭
Walaupun enggak sepenuhnya salah, tapi di sisi lain, sebenernya proses kayak gitu juga enggak efektif buat pelajar; kita malah jadi kayak “bank” 🏦 yang terus ditabungin informasi sebanyak mungkin tanpa tau apa aja yang relevan buat kita.
Padahal nyatanya, proses belajar itu enggak sebatas buat kita dapet nilai bagus dan kerja aja. 🙅🏻♀️
Belajar itu juga proses pencarian buat kita mahamin apa yang ada di 🌳 sekeliling kita; 🌏 kenapa kita ada di sini, 🔁 kenapa dunia bisa berjalan kayak sekarang dan 🤔 apa peran yang perlu kita lakuin selama hidup di bumi kesayangan kita.
Ya, belajar adalah proses nyari tahu hal-hal yang bikin penasaran. 🧐
Proses mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul di otak kita.❓
Supaya akhirnya, kita bisa jadi manusia yang bijak… 🦉
Jadiii, gimana, udah siap belajar dan menjelajahi dunia bareng AI?
Dan seperti biasa, terima kasih!