Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Tomat: Buah Atau Sayur?

Dilihat 294 kali

Buah-buah apa yang masih nyari jati dirinya? TOMAT!

Buah atau sayuran. Pertanyaan itu sering muncul kalau ngomongin makanan satu ini. Mungkin banyak yang mikir kalau tomat itu buah, tapi kalau jalan-jalan ke supermarket, makhluk yang satu ini ada di tumpukan sayur-sayuran. Oke, jadi mana yang benar?

Tebak-Tebakan Legendaris

Kira-kira kalau timun juga buah bukan ya?

Kalau liat ciri-cirinya, buah itu terbentuk dari bunga yang kemudian berbuah dan punya biji di dalamnya, sementara sayur biasa dipake buat nyebut bagian tanaman lain selain… errr… buah. Jadi, dari ciri-ciri tersebut terlihat jelas kalau tomat itu adalah… buah. Tunggu dulu, nyatanya koki punya definisi yang beda karena mereka ngebedain sayur atau buah, justru dari rasa manisnya. Urusan ini sungguh ribet sampai-sampai bikin pengadilan tinggi Amerika Serikat turun tangan. Oke, jadi gimana ceritanya?

Mengalami Krisis Identitas

Kasian tomat, bingung dengan statusnya sebagai apa

Semua dipicu waktu Presiden Amerika di akhir abad 18 mesti mutusin krisis identitas dari sebuah tomat buat bikin peraturan impor sayuran di sana. Daaan karena tomat telah menjadi cinta sejati bumbu-bumbu dapur — yang emang dipake buat ribuan olahan makanan — makanya tomat ditetapkan secara legal sebagai… sayur!

Dan jadilah Pizza, siapa nih yang suka pizza?

Oke jadi bisa disimpulin kalau secara de facto tomat itu buah. Tapi, secara de jure — setidaknya di Amerika sana — nyatanya ia adalah sebuah sayuran. Sungguh membingungkan! Tambah bingung lagi karena ketika ditemukan, tomat tidak sepopuler sekarang. Bahkan tomat sempet dianggap berbahaya karena diduga bikin raja-raja keracunan. Tapi, akhirnya benda beridentitas ganda ini mulai ngetren pada awal abad ke-16, ketika orang-orang Spanyol membawanya ke Eropa dan berjodoh dengan bumbu-bumbu dapur di sana dan hidup bahagia, hingga sekarang.

Hmmm.. Gimana Jadinya?

Ada loh bakso yang pake tomat, namanya bakso moncrot

Jadi, kita udah tau gimana jawabnya kalau ditanya tomat itu buah atau sayur. Jika dari sudut pandang ilmu tanaman, tomat adalah buah. Tapi, kalau dicampur dengan kuah sop yang lengkap dengan sayur kol campur daging kepiting, maka tomat juga boleh disebut sebagai sayur-sayuran.

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih.

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar