Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Mana Lebih Banyak: Semut atau Manusia?

Dilihat 372 kali

Kalau semut jauh lebih banyak, jangan-jangan bisa menguasai dunia?

Semut… semut… semut! Kemanapun kita pergi, pasti ada semut. Saking ada di mana-mana, sampai-sampai suka berbaris di dinding dan menatap kita dengan penuh curiga *chuckle. Gara-gara jumlahnya banyak banget, kita mungkin bertanya-tanya, mana yang lebih banyak: semut atau manusia? Tapi, mengingat populasi kita yang super banyak ini, mungkinkah dikalahkan oleh sekedar semut aja?

Berapa Jumlah Semut di Dunia ini?

Yupss semut itu mayoritas di bumi

Faktanya, menghitung jumlah seluruh semut di dunia itu… sangat sulit. Beda sama manusia, mereka ga punya kartu tanda serangga yang bikin susah nyensus penduduknya. Tapi, dua professor ini bikin hitungan yang super rumit dan berhasil memperkiraan kalau ada 10 kuadriliun semut hidup di dunia! Itu artinya: jauh, jauh, jauh lebih banyak dari manusia, atau kalau dibandingin, ada satu juta semut untuk setiap satu orang manusia! Sungguh sangat banyak!

Tapi, dengan jumlah yang sebanyak itu, apakah berat total semut bisa menyamai berat semua manusia?

Mana yang Lebih Berat: Manusia atau Semut?

Untuk pertama kalinya manusia dibilang lebih berat malah seneng :D

Meskipun banyaknya ampun-ampunan, kalau soal berat, semut belum ngalahin manusia! Kalau ngitung rata-rata berat orang dewasa dan ngebandingin sama semut yang — meski punya ribuan jenis spesies tapi rata-rata beratnya cuma 4mg — nyatanya berat semua manusia masih 8 kali lebih berat dari serangga satu ini. Untuk yang satu ini, manusia masih menang.

Jangankan ngangkat jerapah, ngangkat rasa malu pas abis jatoh aja susahnya minta ampun

Ngomong-ngomong soal semut, mereka bisa dibilang… manusianya serangga. Ya, karena mereka punya sistem hierarki sendiri, pembagian kerja yang jelas, dannn… punya otak paling pinter dibanding serangga lain. Semut juga bisa mengangkat 50 kali berat badannya — yang kalau manusia se-kuat itu, kita bisa mengangkat jerapah dengan mudah.

Apakah itu kau Ant-Man?

Engga cuma itu, ternyata umurnya juga bisa panjang. Kalau beberapa serangga cuma bisa hidup selama beberapa hari, spesies semut satu ini bisa hidup sampai 30 tahun! Jadi hati-hati kalau nginjek semut, bisa-bisa kita injek semut yang umurnya lebih tua dari kita.

Udah ada belum ya film yang ngangkat cerita semua menguasai dunia?

Pada akhirnya memang jauh lebih banyak semut dari manusia. Tapi dengan jumlah sebanyak itu, dan sistem sosial yang udah canggih banget, mungkin suatu saat nanti mereka bisa menguasai dunia.

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih!

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar