Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Kenapa Calon Presiden Mesti Debat Dulu?

Dilihat 223 kali

Ini tidak bisa dibiarkan! Semua salah kamu!

Debat… debat… debat melulu! Apalagi, semakin ramai setiap ada pemilihan umum. Tunggu, jangan bandingin debat sama supir delman, debat yang satu ini banyak penontonnya. Ya, debat calon presiden! Tempat buat para calon presiden ngejelasin program, saling tanya, dan saling unjuk keunggulan. Tapi, buat apa sih debat presiden? Apakah itu bisa memengaruhi hampir dua ratus juta orang calon pemilih tahun ini?

Nyatanya, para ahli politik banyak yang masih ragu. Ada yang bilang, hmm, engga terlalu ngaruh, alasannya karena pemilih udah mutusin pilihannya dan jarang banget berubah karena satu debat aja. Tapi, Ada juga yang bilang ngaruh banget buat narik suara orang-orang yang masih galau nentuin pilihan. Hmmm sebenernya: kenapa debat presiden itu mesti ada?

Biar semakin sayang?

Coba seleksi dari bibit, bebet dan bobotnya kalau kata orang dulu

Simpelnya, tentu aja buat kenal sama siapa calon presiden kita! Ibarat nyari pacar, milih presiden itu… banyak pertimbangannya. Mulai dari liat visi misi, prestasi dan rekam jejaknya, sampai *uhuk* janji-janji manis mereka. Kalau waktu nyuarain solusi buat masalah penting negaranya keren, nantinya banyak orang yang ikutan milih dan pesta demokrasi pun jadi lebih ramai.

Hmmmm...mulai terkesima dengan pesonanya

Ternyata, Ada Pengaruhnya!

Kalau kembali mundur ke puluhan tahun lalu, nyatanya debat itu… ngaruh! Apalagi waktu dua calon presiden Amerika tampil di debat capres yang ditayangin di TV pertama kali dan bikin calon presiden Nixon, kalah waktu pemilu.

Sudah lelah, mari kita akhiri semua ini

Tapi, bukannya dari isi debat, namun gara-gara Nixon terlihat kecapean dan Kennedy tampil lebih prima di layar kaca. Artinya, setiap kali nonton debat kita mesti merhatiin dari isi omongannya dan bukan dari siapa yang bicara.

Dibilangin bandel ya, enakan bakso! Ngga bisa diganggu gugat!

Oke, jadi, asal dikurangin gimmick jogetnya, engga irit bicara, dan kalau bisa… lebih seru dan berbobot isinya, intinya, debat itu… masih perlu ada! Biar semakin kenal, dan ngga terperangkap dalam janji-janji manisnya. Jadi, masih pada betah nungguin debat capres?

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih!

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar