Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Kenapa Banyak Nama Negara Berakhiran Sama?

Dilihat 116 kali

Dari banyaknya nama negara di dunia, yang kita hafalin pas pelajaran geografi, seringkali kita nyari cara biar gampang buat ingetnya. Salah satunya dengan ngelompokin nama nama negara berdasar huruf atau bunyi yang sama. Misalnya, ngelompokin nama negara yang berakhiran -stan! Tapi, pernah kepikiran ngga sih: kenapa mereka memiliki akhiran yang sama? Apa kesamaan itu karena mereka…. negara yang kembar?

Banyak betul negara di dunia, gimana cara ngafalinnya?

Namanya samaan, bukan berarti ikut-ikutan

Bukan, bukan begitu, meskipun beberapa orang mengenal ‘stan’ sebagai sebutan untuk fans fanatik,  kata -stan — yang berasal dari bahasa Persia — itu berarti tanah air atau tempat di mana orang tinggal. Jadi ceritanya zaman dulu Kerajaan Persia menguasai tanah Asia yang waktu kerajaannya bubar.

Di daerah Asia tengah, ada yang nyadar ngga nama negara berakhiran sama?

Dan jadilah beberapa negara berakhiran -stan. Nyatanya, engga cuma bahasa Persia, akhiran yang punya arti tanah air juga jadi akhiran nama banyak negara lainnya, ada yang bisa tebak apa?

Bukan wkwk-land

Kalo ada kelompoknya kan gampang ngafalinnya

Ya, gampang banget, negara berakhiran ‘land’! Di dunia ada delapan negara — plus tiga — yang tersebar di berbagai belahan dunia dan kebanyakan ada di Eropa. Dan, sama kayak Stan, makna dari akhiran ini gampang ketebak karena punya arti tanah tempat tinggal juga. Kalau nelusurin lebih dalem lagi, nama negara-negara lain juga punya banyak kesamaan. Misalnya, negara-negara yang namanya diambil dari nama penemunya, pahlawan bangsa, dan juga raja yang berkuasa.

Kalau yang ini mah beda lagi

Beda sama negara yang namanya sama, ada juga negara hipster yang *uhuk* namanya unik banget. Misalnya, Argentina yang dari nama elemen kimia untuk perak, Tanzania yang gabungan dari dua wilayah berbeda, atau Ekuador yang… emang letaknya di… garis ekuator. Jadi, tiap kali bingung ngafalin nama-nama tempat, mungkin bisa cari tahu arti uniknya biar gampang ingatnya.

Seperti kata orang, apalah arti sebuah nama. Tapi, kalau dicari tahu asal-usulnya, banyak nama negara yang coba kita hafal ternyata bukan cuma sekedar nama, namun mempunyai makna dan sejarah dibaliknya.

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih!

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar