Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Bagaimana Jika Air di Bumi Menghilang?

Dilihat 31 kali

Sama seperti tubuh manusia loh, 50%-70% tubuh manusia terdiri dari air

Kita hidup di planet yang 71 persen permukaannya… diselimuti air. Isi tubuh kita pun banyak terdiri dari air dan itu bikin kita butuh minum setiap habis ngapa-ngapain. Tapi, gimana ceritanya kalau air di muka bumi menghilang dalam sekejap? Apa yang akan terjadi?

Coba bayangkan seburuk hal yang akan terjadi jika bakso tanpa kuah

Singkatnya, tanpa air, semua makhluk hidup di bumi akan punah: mulai dari manusia, tumbuhan, sampai hewan yang selama ini ada di sekitar kita… engga bakal bertahan lama. Semua ikan di laut akan mati hanya dalam hitungan jam! Manusia pun ngga akan bisa bertahan lebih lama dari seminggu. Tapi… apa yang akan terjadi sama bumi tercinta kita?

Jadi ibaratnya bumi kita akan jadi seperti oven, panasnya bolak balik di dalem atmosfer

Apa yang akan terjadi?

Pertama, bumi akan jadi sangat sangat panas! Bayangin aja lautan kita itu nyimpan gas karbon dioksida terbesar. Kalau gak ada air, semua gas ini bebas mengudara, terperangkap di atmosfer, dan munculah efek rumah kaca yang bikin suhu permukaan bumi semakin… dan semakin naik! Kalau udah gini, tinggal tunggu waktu aja hingga nasib bumi sama seperti planet Mars! Bumi nggak lagi indah dengan warna biru dan hijaunya, tapi jadi bola bundar berwarna coklat. Sungguh bikin ngeri!

Inget gambar ini? Siapa yang waktu SD pernah ngegambar gambar ini?

Engga cuma itu, tanpa air, bumi bakal jadi planet yang dipenuhi sama gunung-gunung tinggi! Lautan yang kosong jadi lembah yang berkilo-kilometer dalamnya! Belum lagi lempeng-lempeng tektonik yang bertabrakan dan menjulang ke atas karena gak ada beban air laut yang menahannya. Gunung-gunung berapi pun mati karena nggak ada air yang jadi salah satu bahan utama terbentuknya magma. Jadi, kalau bumi tanpa air terjadi, mungkin dataran rumah kita bakal jauh menjulang tinggi!

Makanya Avatar ngomongnya mengendalikan air bukan menciptakan air

Tapi kalau gitu, bisa engga sih kita nyiptain air aja? Hmm secara teori hal ini… bisa dilakukan! Meskipun air cuman terdiri dari 2 elemen, proses pencampurannya luar biasa sulit! Satu-satunya cara untuk ngegabungin 2 elemen ini adalah dengan disulut… api! Tapi masalahnya… bikin air dengan cara itu — apalagi dalam jumlah besar — bisa bahaya banget karena bakal nyebabin ledakan yang besar! Uhh… sampai ada teknologi yang lebih maju lagi… memproduksi air dalam jumlah besar masih kita simpan jadi angan-angan.

Bumi tanpa air itu sama aja kek kiamat karena bakso tidak ada kuahnyaaaa

Jadi, sekarang kita tau kalau bumi tanpa air itu sama aja kayak kiamat! Makanya, selagi persediaan air masih ada lebih baik kita hemat dan jaga lingkungan biar air di bumi nggak semakin tercemar.

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih!

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar