Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

Apa Isi Di Dalam Lubang Hitam?

Dilihat 184 kali

Bayangkan lubang di bak mandi dan bak mandimu adalah alam semesta

Black hole… salah satu objek di luar angkasa yang paling mengagumkan, mengerikan dan penuh misteri,, bahkan dengan gaya gravitasinya yang sangat sangat sangat sangat sangat besar dapat mengumpulkan objek angkasa lainnya hingga membuat suatu perkumpulan yang biasa disebut sebagai Galaksi. Namun kalian pernah engga ngebayangin apa isi di dalam black hole?

Bahkan Lubang hitam sendiri itu susah dilihat

Faktanya kita bisa melakukan observasi terhadap apa yang terjadi diluar black hole tetapi kita tidak mungkin melihat langsung apa yang terjadi di dalamnya, bahkan meskipun kita mengirim satelit ke dalamnya kita tidak akan bisa menerima sinyal karena sekali terhisap, apapun akan langsung hilang bagai ditelan black hole.

Ga ada apa-apa eh tiba-tiba ditarik, ngeri ga sih

Ketika kamu mendekati doi, kamu baru akan merasakan tarikan gravitasi yang luar biasa ketika sudah melewati melewati batas garis aman yaitu event horizon.

Tanpa peringatan, tanpa pandang bulu semua disedotnya

Bayangkan kamu sedang naik kayak di sebuah sungai yang tenang dan damai. saking tenangnya, kamu tidak menyadari bahwa ternyata sungai yang kamu kendarai ternyata mengarah menuju air terjun yang sangat besar, arusnya semakin kuat hingga sekuat apapun kamu mencoba untuk mendayung menuju tepi, kamu tetap terseret arus menuju air terjun dan.. kamu akan menghilang.

Biar lebih paham coba kamu nonton film interstellar

Ternyata ketenaran kekuatan gravitasi doi yang bahkan bisa membuat cahaya tidak berdaya tidak hanya itu saja, menurut teori kekuatan gravitasi doi bahkan bisa merubah ruang dan waktu di sekelilingnya.

Mang Loncat :’(

Jika black hole adalah sebuah rumah yang memiliki gravitasi yang sangat sangat kuat maka waktu di dalamnya akan jauh lebih lambat dibanding diluar sana. Jadi jangan sekali-sekali masuk kedalamnya walau hanya sebentar karena saat keluar teman kalian akan jadi bapak-bapak yang mungkin sudah tidak kalian kenali lagi.

Bagaimana jika kita tidak hancur di dalam blackhole? bagaimana jika kita justru menuju tempat lain yang sangat jauh?

Kalau bahasa gaulnya itu dinamain Lubang Cacing

Dalam salah satu penelitiannya, Einstein mengatakan bahwa setiap black hole adalah sebuah gerbang satu arah menuju alam semesta lain, dimana pintu keluarnya diberi nama white hole namun sayangnya ini juga masih kemungkinan.

Jangan dicoba dirumah ya nanti kesedot

Pada dasarnya saat ini kita masih belum tahu banyak tentang blackhole dan semoga di masa depan kita bisa jauh lebih mengetahui tentang lubang yang satu ini supaya kita bisa memanfaatkannya untuk menyebarkan populasi bakso ke mahluk lain diluar sana. Tapi, yang terpenting jangan pernah berhenti bertanya. Jangan pernah putus asa mencari jawaban.

The important thing is to not stop questioning. Curiosity has its own reason for existing. – Albert Einstein

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih.

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar