Avatar
Kok Bisa?

Siapa bilang sains itu susah? Daripada nanya sama rumput yang bergoyang, mendingan tanya ke Kok Bisa?

abcdef

Dilihat 51 kali

Waktu kita kecil pasti sering banget ngga mau pergi ke dokter karena suatu hal. Ya, apalagi kalau bukan takut sama jarum suntik! Tapi, kebiasaan itu kadang kebawa sampe kita gede, dan tetep aja masih takut sama jarum suntik. Hmmm, pernah ngga kepikiran: kenapa bisa begitu?

Pendeknya, ketakutan itu ngga lahir begitu aja. Dan ketakutan ini sama aja kaya kita takut sama benda lainnya. Nah, gara-gara takut gini, kita jadi susah ngelakuin banyak hal, kaya akupuntur, ngetes penyakit, vaksin, bahkan sampe donorin darah. Tapi, sebenernya apa sih yang bikin orang jadi takut banget sama jarum suntik?

Rasa takut kita pada jarum suntik sebenernya sama aja munculnya kaya kita takut sama benda lainnya. Ketakutan ini punya nama keren, Trypanophobia. Tapi, apa yang bikin orang mengidap


 Trypanophobia?

Pendeknya, orang jadi takut sama jarum suntik, karena sering ditakutin dari kecil, kalau disuntik itu sakit banget! Atau kalo kita nakal pasti disuntik. Alhasil, kita ngejerit ngga karuan, keringet dingin, kepala pusing, panik bahkan mau pingsan setiap ngeliat jarum suntik. Baru ngeliat doang loh, belom disuntik beneran! Nah, gara-gara itu perasaan takut ngga mau ilang dan ngga jarang kebawa sampe kita gede. Lalu, gimana cara nyembuhinnya? 

Faktanya, kita ngga sendiri, karena ada 80% orang didunia yang punya ketakutan yang sama, pada jarum suntik. Tapi, setiap kita takut pada sesuatu, harus ada yang dikorbankan, yaitu kesehatan kita. Pasti kita ngga mau kan kaya gitu terus. Pendeknya, salah satu cara yang biasa dipake buat nyembuhin ketakutan ini, nama ribetnya cognitive-behavioral therapy, dengan hipnoterapi, biar perlahan-lahan kita ‘menyukai’ keberadaan si jarum suntik ini. Supaya, kita ngga takut-takut lagi sama si jarum suntik kalau mau diperiksa kesehatannya, diambil darahnya, atau *ehm* sekedar mau berbenah diri menjadi cakep. 

Jadi, bisa dibayangin kan kalau kita terus-terusan takut sama jarum suntik, takut ketemu sama dokter, takut kalo mau ngecek kesehatan, dan yang paling populer, takut banget buat ngedonorin darah kita. Padahal, dengan ngedonorin darah, ngebikin tubuh kita makan sehat, sekaligus buat ngebantuin orang lain diluar sana. Hmmm, sayang banget kan ngelewatin kesempatan emas kaya gitu ya. Tapi, emang seserem itu ya si jarum suntik?

Mungkin awalnya sih takut-takut gitu, hmmm, tapi kita bisa jadi superhero karena bisa bantuin orang lain, hanya lewat darah kita! Pasti secara perlahan, kita pun jadi berani, biar kita masuk ke dalam klub superhero. Jadi, mulai kepengen dong jadi superhero? Sekarang makin gampang biar jadi superhero, melalui sebuah aplikasi, serba online-online, salah satunya Reblood! Disitu kita bisa bantuin banyak orang cuma karena donoran darah kita doang. Sangat simpel kan? Hmmmm.. jadi kalo begini, kalian masih takut sama jarum suntik?

Dan seperti biasa, stay curious ya, terima kasih!

Powered by Froala Editor

Coming soon.

Bagian paling menarik dari ilmu pengetahuan adalah diskusinya! Kok Bisa baru akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. Jadiii, jika kamu tertarik jadi orang-orang pertama yang bisa mencoba fitur ini, yuk daftar!

Daftar